pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux


pengertian Amarok

 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux  Amarok merupakan aplikasi pemutar musik yang sangat terkenal terutama di desktop KDE, bahkan ada juga beberapa pengguna desktop GNOME yang tetap menggunakan Amarok. Amarok disukai umumnya karena tampilan yang menawan serta fitur-fitur yang cukup lengkap dan mudah dikostumisasi sesuai keinginan end user. Berikut tampilan window amarok (gambar MP.14).
mau download ebooknya klikdisini

 
cara Installasi Amarok


Untuk pengguna desktop KDE (Kubuntu), Amarok sudah ter-install secara default tinggal meng-install beberapa codec tambahan supaya bias memutar file-file mp3. Jika Anda pertama kali membuka aplikasi amarok,  akan muncul pemberitahuan di area notifikasi seperti gambar MP.15 dibawah ini.


 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux

 


Klik Details untuk melanjutkan, akan muncul lagi window untuk memilih apa saja yang akan di install. Klik install selected, kemudian muncul dialog yang menanyakan konfirmasi password, masukan password lalu klik OK. Tunggu beberapa saat Amarok siap digunakan, atau bisa juga menginstall lewat terminal :
 

Buka K-Menu Application System Terminal lalu ketikan perintah berikut:

$ sudo apt-get install libmp3lame0 libxine1-plugins
Bagi yang menggunakan desktop Gnome, satu-satunya cara, harus menginstall amarok dari awal. Buka Application Accessories Terminal lalu ketikan perintah berikut:
$ sudo apt-get install amarok libmp3lame0 libxine1-plugins

Menggunakan Amarok

Mengatur Playlist
Cukup drag and drop file-file musik ke playlist amarok untuk mulai memakainya, atau juga mem-browse secara langsung file-file music melalui sidebar pada menu Files.

          Pengaturan playlist dapat dilakukan melalui toolbar, tepat di bawah playlist. Mulai dari menyimpan, meghapus, undo-redo dan lainnya (gambar MP.16).

 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux
Untuk menyimpan playlist tekan tombol Save (icon disket) secara otomatis playlist disimpan pada Internal Database amarok yang namanya sesuai dengan hari, bulan ,tanggal dan jam.

Playlist yang namanya seperti : Thu June 17 10 11:52 rasanya kurang enak dipadang, untuk mengganti nama playlist klik kanan pada playlist – Rename lalu masukan nama yang diinginkan (gambar MP.17).
 
 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux

 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux 



Mengatur Koleksi musik

Untuk meng-import semua file musik melalui collection caranya: klik Settings Configure Amarok pada tab Collection centang folder yang berisi koleksi musik kemudian klik Apply.
 





Fitur-fitur Amarok
Salah satu alasan banyak yang menyukai amarok adalah karena fiturnya yang melimpah seperti:
Context
Widget Context merupakan salah satu daya tarik Amarok, dikemas dengan tampilan yang menarik, widget ini memiliki banyak fungsi seperti:
- Pengunduh lirik dan sampul album
- Informasi lagu/artis/album di wikipedia
-Rating, dan lainya.


pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux
 pengertian Amarok yang terdapat pada sistem operasi linux 



Applet default yang terdapat pada context, hanya current track dan lyric untuk menambakan applet yang lain klik ikon tang pada pojok kanan bawah context untuk meng-unlock applet lalu klik tanda tambah (+) selanjutnya klik pada applet yang  diinginkan misalnya Wikipedia dan klik lagi ikon tang untuk mengunci kembali applet.

Sedangkan untuk menghapus klik ikon tang, secara otomatis muncul tanda silang (x) pada applet yang sedang aktif. Klik tanda silang (x) dan applet berhasil dihapus (gambar MP.19).

http://tutorialinternetdanberita12.blogspot.co.id/2016/06/pengertian-amarok-yang-terdapat-pada.html


Amarok Script
Layout player yang bisa diubah-ubah
Integrasi MySQL database
10 Band Graphic Equalizer

Dan masih banyak lagi fitur-fitur amarok yang lain, yang pastinya harus Anda cari dan coba sendiri. Selamat menikmati Amarok..





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »